Pages

Senin, 06 Desember 2010

QUANTUM TEACHING

KEGIATAN DALAM QUANTUM TEACHING


Gaya belajar siswa harus diperhatikan karena ada beberapa karaktersitik, yaitu: Visual (mementingkan aspek penglihatan), Auditorial (mementingkan aspek pandangan), Kinestik (mementingkan aspek gerak (misalnya tarian, film, drama, dsb).
Dari konteks dapat diciptakan suasana belajar yang dinamis, jika guru menciptakan situasi:
  1. Dari dunia siswa ke dunia kita (bukan sebaliknya)
  2. Sesuaikan dengan karakteristik belajar siswa (gaya belajar, kecerdasan ganda, dll).
  3. Padukan kesuksesan, kegagalan, dan risiko dalam pembelajaran.
  4. Gunakan tahapan TANDUR
  5. Gunakan metafora, analogi, atau sugesti (Tandur adalah pedoman pengajaran singkatan dari;  Tumbuhkan, Alami, Namailah, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan).

Kegiatan pembelajaran dalam Quantum Teaching mengharuskan guru melakukan pembelajaran  bersama-sama siswa,melalui tahapan:
  1. Tumbuhkan motivasi siswa ke materi pelajaran.
  2. Alami sendiri hal-hal yang dipelajari.
  3. Namailah penemuan-penemuan siswa.
  4. Demonstrasikan apa yang ditemukan  oleh siswa.
  5. Ulangi semua semua yang telah dilakukan.
  6. Rayakan penemuan tersebut siswa tersebut.