KEGIATAN DALAM QUANTUM TEACHING
Gaya belajar siswa harus diperhatikan karena ada beberapa karaktersitik, yaitu: Visual (mementingkan aspek penglihatan), Auditorial (mementingkan aspek pandangan), Kinestik (mementingkan aspek gerak (misalnya tarian, film, drama, dsb).
Dari konteks dapat diciptakan suasana belajar yang dinamis, jika guru menciptakan situasi:
- Dari dunia siswa ke dunia kita (bukan sebaliknya)
- Sesuaikan dengan karakteristik belajar siswa (gaya belajar, kecerdasan ganda, dll).
- Padukan kesuksesan, kegagalan, dan risiko dalam pembelajaran.
- Gunakan tahapan TANDUR
- Gunakan metafora, analogi, atau sugesti (Tandur adalah pedoman pengajaran singkatan dari; Tumbuhkan, Alami, Namailah, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan).
Kegiatan pembelajaran dalam Quantum Teaching mengharuskan guru melakukan pembelajaran bersama-sama siswa,melalui tahapan:
- Tumbuhkan motivasi siswa ke materi pelajaran.
- Alami sendiri hal-hal yang dipelajari.
- Namailah penemuan-penemuan siswa.
- Demonstrasikan apa yang ditemukan oleh siswa.
- Ulangi semua semua yang telah dilakukan.
- Rayakan penemuan tersebut siswa tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar